Oh hai.. Mari belajar...
Belajar tanganmu menggenggam tanganku, belajar mengerti apa yang ada diotakku, belajar menikmati bagaimana menjadi aku..
Kamu akan terkejut mengetaui tentang aku.
Kamu akan begitu menyukainya :)

Kamis, 18 Agustus 2011

inilah yang dimaksud...

Ooooh Tuhan, harus bagaimana lagi aku mengatakan padaMu bahwa Engkau keterlaluan baiknya!!! Baik, baik, baik banget!!!

Memang sih, emmm, terkadang aku masih suka nanya : "kenapa yah Tuhan?" Tetapi tidak pernah, tidak pernah Engkau mengecewakanku. Setelah kejadian itu, Engkau bertubi-tubi pamerkan sahabat-sahabat yang baik. Teramat baik seperti Engkau.

Well, oh hai teman. Ehem, maap pembukanya langsung begini. Habisnya sumpah, seminggu ini rasanya aku ada disurga! Ya surga. Kalau dibilang kedamaian, ketenangan, keamanan, kenyamanan, tawa, syukur, cinta itu adalah surga, saya sudah ada disana!

Seminggu ini, dimulai dari tanggal 13 agustus adalah surga saya!

Sebenarnya berawal dari tanggal 12 agustus, dimana saya berasa semua sudah selesai. Aku berada dititik terendah. Aku suka memperjuangkan apa yang aku mau, namun yang aku mau malah menjauh dan menolakku. Disitulah aku merasa benar-benar selesai.

Lalu datanglah aku ke cubicle Mbak Lia, yang hari itu tampak cantik ( emm, well, sebenarnya tiap hari ini orang selalu cantik. Dia selalu teliti saat menggunakan setelan kekantor dan make upnya tidak pernah gagal. Beda dengan saya yang anget-angetan tampil rapi dikantor :p ).

saat itu Mbak Lia, yang juga satu team dengan saya sangat amat sibuk. Dia sedang bergelut dengan tabel-tabel project yang akan kami laksanakan dalam sebulan ini. Tetapi, saat aku datang, berjongkok disampingnya, menatap iba, dia memelukku. Saat itu aku benar-benar butuh pelukan!

Dan dia memelukku seperti kakak-kakakku. Aku bercerita panjang lebar, aku mengeluh, menangis, mengeluh, nyengir, dan sumpah tampak lemah selemah-lemahnya.

Kami bercerita banyak diwaktu yang sangat singkat. Dan ya, dia orang pertama yang menamparku keras, pas dihatiku. Emmm, ini maksud namparnya kiasan yah saudara-saudara.

Dia berbicara lugas, tanpa berusaha memperhalus bahasa, dengan tegas dan apa adanya. Sambil terseyum.

Apa yang kami bicarakan? Ah, terlalu panjang dan banyak rahasia :p

Kemudian hari berganti, aku menanam kata-kata itu tepat diotakku. Tidak berusaha melawannya lagi.

Dihari-hari berikutnya, satu persatu keberuntungan dipihakku.
Sahabat silih berganti membuatku tertawa. Seolah-olah Tuhan membuat sayembara agar aku tertawa lagi. Maksudku, tertawa lepas seperti sekarang.
Aku menemukan dia, mendapatkan dia, pokoknya dia yang benar-benar sempurna perasaannya.

Lalu dengan begitu banyak hal baik, penutupnya adalah tadi saat lunch bareng mas Bunga. Ya, dia penutup yang hebat.

Jadi apa yang bisa saya share dari pengalaman dua atau tiga minggu kegalauan saya?

Begini pembicaraan yang berhasil saya simpulkan dari kalimat-kalimat keren Mbak Lia, Mas Mario, Maudy dan beberapa orang menarik disekitar saya..

Begini yah saudara-saudara penikmat cinta, orang yang mengasihi kamu, maksudku benar-benar menyayangi kamu, tidak akan pernah meninggalkanmu saat kamu dalam masa-masa payah.
Kemungkinan besar, iya, dia akan menyerah, tetapi tidak dengan begitu saja meninggalkan kamu tanpa berdiskusi dan kemudian mencari penggantimu.

Tidak ada alasan, satu alasanpun, yang membenarkan keadaan dimana dia mendapatkan penggantimu tanpa bicara terlebih dahulu, apalagi saat dia memperlakukanmu cukup baik disaat kamu bertemu. Oke, katakanlah kamu putus sama dia sudah sebulan, dua bulan, tiga bulan, namun kemudian dia mengajak kamu bertemu kembali, berkata kangen, kemudian hari itu kalian beradu pendapat dan tidak menemukan titik temu, tidak berbicara lagi untuk dua minggu kemudian dan adakadabra, dia menemukan penggantimu.

Dia tidak selingkuh, tentu saja itu tidak dikatakan selingkuh ;)
Tetapi bagiku itu curang :D

Oh yah, bagaimana dengan keadaan kamu yang akhir-akhir ini emosian, suka marah-marah karena mungkin tekanan disekelilingmu yang semakin besar, membuat dia meninggalkanmu? Itu tidak dibenarkan.

Karena menurut Mbak Lia, malah saat-saat seperti itulah pembuktian bahwa dia mengasihimu. Ingatkah janji " saat senang, saat susah?" " Saat bahagia, saat sedih?"

Laki-laki / perempuan yang berkata dia menyayangimu, tidak akan menyerah dengan keadaan seperti itu.

Dia malah seharusnya tetap disana dan memastikan semua akan baik-baik saja. Hei, siapa yang mau melepaskan orang yang disayanginya? Siapa yang mau membiarkan orang yang dikasihinya menangis seorang diri?!

Susah menemukan orang yang mengasimu sepeti itu? Apa malah kamu merasa tidak ada?

Ahaaa, kamu salah. Percayalah, aku sudah menemukan orang yang seperti itu. Orang yang tetap ada, tanpa menuntut, selalu ada disampingmu, menyadarkan kamu bahwa ada dia yang peduli padamu.

Cinta bukan diuji saat kamu bahagia, saat masa-masa indah kalian lewati berdua. Perasaan cinta teruji saat-saat susah. Saat-saat dimana salah satu diantara kalian menjadi begitu menyebalkan dan kalian berusaha meyakinkan dia bahwa dia aman bersamamu.

Aku menyukai kalimat-kalimat mas Bunga yang berkata " orang yang menyayangi kamu tidak akan membuat kamu menangis dan terluka. Dia tidak akan meninggalkan kamu. Dia menerima kamu apa adanya."

Apa bedanya cinta dengan sayang?
Cinta itu harus memiliki maka dia akan baik sama kamu.
Kalau sayang, walau tidak memiliki kamu, dia akan tetap sama, tetap baik padamu.

Kalian setuju dengan pendapat Mas Bunga? Ya, aku 100% setuju.

Sama seperti orang tuamu, mereka akan tetap menyayangimu walau kamu sedang dalam keadaan paling menyebalkan bahkan saat kalian berada dimasa kenakalan teramat sangat. Sama seperti kakak atau adekmu yang tetap menyayangimu saat kamu berbuat salah dan merusak semuanya. Sama seperti sahabat-sahabat sejatimu. Apakah mereka akan meninggalkanmu saat kamu berbuat salah? Saat kamu menyakiti hati mereka? Tidak. Mereka mungkin akan memberi kamu pelajaran, tetapi tidak akan meninggalkan apalagi mengkhianatimu.

Lalu bagaimana pasangan baik itu?
Pasangan yang benar-benar mengasihimu dan baik adalah pasangan yang tidak akan membuatmu menangis sampai tertidur, menanamkan perasaan bersalah dan penyesalan. Ia tidak akan meninggalkanmu saat kamu butuh pegangan. Ia tidak berjalan menjauh sembari tersenyum riang berkata " aku sudah menemukan penggantimu".
Dia tidak akan, dengan sengaja, membuat kamu yang bersalah atas rusaknya hubungan kalian.

Orang yang menyayangimu tidak berani memberi luka sepedih itu.

Pasti ingat kan bagaimana saat-saat kalian pedekate? Ah, tidak mungkin dia tampilkan sifat-sifat buruk yang menyakiti hatimu. Tidak mungkin dia membuatmu menangis dengan sengaja.

Serius, kalau ada orang yang mendekatimu, yang langsung menampilkan sikap dan sifat buruk yang membuatmu menitikan air mata dan berasa tidak dipedulikan, tinggalkan saja dia. Sebelum terlambat, carilah yang akan membuatmu senyum-senyum sendiri di krl, senyum-senyum saat bekerja dan menatap layar monitor. Carilah orang yang akan buat mu tidak sabar untuk melihatnya lagi.

Carilah orang yang membuatmu sibuk tertawa dan bersyukur, yang tidak akan membuatmu punya kesempatan untuk meragukan rasa yang ia punya.

Segala yang dikatakan Mbak Lia, Mas Bunga, Maudy dan sahabat-sahabatku yang lainnya benar.

Oh, memang, mudah saja bagi orang yang tidak merasakan apa yang kamu rasa saat ini. Namun percaya deh, dengan kamu sedikit melembutkan hatimu, mendengar kata-kata mereka, kamu tidak akan menyesal.

Memang benar, hanya kamu yang tahu apa yang baik untukmu, tetapi Tuhan memberikan orang-orang seperti itu agar kamu dapat mempertimbangkan segalanya. Syukur-syukur bisa membuatmu sadar dan terbuka mata bathinnya :p

Bertahanlah dengan orang yang sangat tidak berani menyakiti hatimu. Pertahankan orang yang tidak berkata : " kita pisah " saat kamu sedang berada ditekanan terbesarmu. Hanya pertahankan orang yang tetap bersikap baik saat kamu sedang sangat tidak baik. Karena itulah yang sungguh-sungguh. Itulah yang nyata.

Jadi, apakah cinta bisa hilang dengan sekejap?
Oh sayangnya, yah, bisa :)
Maka itu dikatakan tidak ada yang abadi didunia ini ;)

Lalu bagaimana menyikapinya? Aaah, ga tau, suer aku termasuk orang yang bingung soal cinta bisa hilang dalam waktu sekejap. Jadi jangan tanya aku.

Yang pasti, yang bisa aku katakan, orang-orang yang bisa melakukannya selalu berarti dia tidak begitu mengasihimu. Itu saja.

Hatimu akan menemukan siapa yang benar-benar untukmu. Hanya Tuhan dan hatimu yang dapat menentukannya :)

Jadi, apa nih kesimpulan dari kesimpulan-kesimpulan tadi?

Pertahankanlah orang yang layak kamu pertahankan. Jika kamu kehilangan orang yang tidak layak kamu pertahankah, bersyukurlah, karena Tuhan memudahkan jalanmu untuk menemuka orang yang pantas kamu pertahankan. Dan biarlah dia mencari orang yang akan dia pertahankan. Jangan sedih, dia bukan bagianmu. Kamu akan dapat bagian yang sempurna, yang diciptakan hanya untukmu.

Satu lagi, sesuai dengan kata-kata Mas Bunga, aku mau mengatakan ini kepada seseorang yang mempertahankan aku. Biar aku dan sahabat-sahabatku yang tahu siapa orang itu. Yang pasti aku mau mengatakn ini padanya :

"Terima kasih karena kamu tetap bertahan untukku selama ini, bahkan disaat aku menjadi orang paling jahat sedunia. Terima kasih tidak menuntut perasaanku, bahkan saat aku memilih orang yang salah, kamu tetap ada disitu, bersikap baik, tidak mengadiliku, dan tetap berdoa pada Tuhan agar keberuntungan berada dipihakmu. Aku berterima kasih sepenuhnya pada Tuhan karena sudah mempertahankanmu untukku. Dan aku berterima kasih pada dia yang tidak mempertahankanku sehingga memudahkanku untuk melihat siapa yang pantas untuk dipertahankan. Kamu lebih dari seorang pemenang. Suatu hari nanti, kamu yang akan mengenakan cincin itu dan berkata "hei lihat, aku memenangkan dia" dan aku akan berkata "terima kasih karena mau memperjuangkan aku dan bertahan disana".
Terima kasih, kamu, seorang pejuang yang mempertahankan aku."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar