Oh hai.. Mari belajar...
Belajar tanganmu menggenggam tanganku, belajar mengerti apa yang ada diotakku, belajar menikmati bagaimana menjadi aku..
Kamu akan terkejut mengetaui tentang aku.
Kamu akan begitu menyukainya :)

Rabu, 13 Oktober 2010

Bosan berbuah cerita positif&negatif "Alay"

Bosan.... kata yang paling menjengkelkan sebenarnya..
Menunjukkan bahwa seseorang tidak punya kegiatan yang menarik hati :( 
saking ga menariknya, aku aja bingung mau nulis apa diblogku ini ^o^

Beberapa teman ku sms, menyatakan kebosananku. Asli cuman satu yang membalas, itupun dengan kalimat: "aku banyak kerjaan nih. mau bantu?!" puiiiiiiiiiiiiiiiiiiih.....

"kemanaaa teman-teman sayaaa" teriakku lirih..xixixi...

Hmmm,beberapa hari lagi, bisa jadi akan menjadi perubahan dalam hidupku
Dimana mungkin aku akan mengatakan :"duh, i need much time neh..." atau berteriak dalam hati : "Tuhan sayaaang, kapaan aku istirahat..sibuknyooo akuuu..oh myday..." xixixi...
(kalian ga perlu cemas, Tuhan sudah biasa menangani aku yang banyak maunya ini..hohoho...)

Okay, apa yang kita bicarakan hari ini?
Hmm, bercerita sambil minum cappucino kayaknya asiiik neh..nyummy.. Ada yang mau traktir? xixixi

Kayaknya beberapa hari ini aku menulis sesuatu yang ga bisa jadi pelajaran atau paling ga yang  bisa bermanfaat untuk pembaca yak?!
hmmmm, okay mari kita lakukan pada tulisan ini...
Apa yaaa *otak bekerja*
Ah haaa, mari kita membahas soal komunitas "Alay"
Mengapa aku mengatakan komunitas? karena gemanapun sudah terbentuk suatu kelompok didalamnya yang menganut falsafah ke-alay-an dan singkatnya sih untuk menghargai mereka ^o^v
Okay, barusan aku search di mbah gugel dengan keywords "arti alay"
Maka muncullah sekitar 124.000 hasil (dalam waktu 0.04 detik).
-Bayangkan kalau aku mengetik keyword  : "Alay"..berapa juta hasil yang akan muncul dalam sepersekian detik..ckckckck..-

Wooow, itu berarti kata "alay" ini sangat terkenal...
 Beberapa sudah menulis di blognya tentang alay..
 Ada yang negatif, ada yang positif (dikit banget..hehe)...
 Lalu, saat saya benar-benar pengen tau arti alay itu..sampailah saya pada sebuah link kaskus...

Ke TKP gan... ^^v.  sumber. kaskus(16.05pm)

ke sumber langsung ^^v(16.15pm)

Dari mana siiih, berasal kalimat alay?
Ga ada yang tau pasti..ckckck...

Disini gw ga akan membahas soal ciri-ciri komunitas alay, senior blog dan kaskus gw udah lebih dulu melakukannya ^^v
Saat ini kita harus mengerucutkan bahasan, mari coba kita bahas tulisan-tulisan komunitas alay ini...

Huaaaaaaaa, sumpah yah, gw tuh susaaaah banget nulis alay...Angkat tangan yang juga merasakan hal yang samaaaa..
Udah dicoba untuk komen status temen-temen biar lucu, tapi yang ada aku dihadapkan oleh puluhan huruf dan otakku ga mampu untuk merangkainya.
Gw mau sih ngasih contohnya diblog ini, tapi benar-benar ga nemu kalimat yang pas.
Yang aku tau, hanya kata-kata seperti:
- sms = xmx
- kamu: camud, x'muh..
 Aduuuh, itu-itulaaah *nulis itu aja butuh 15menit :(* ...
Kalo belum paham juga, larilah ke link yang sudah saya kasih tau..hehehe

Intinya, jujur aja. Aku melihatnya dari segi positif dan negatif.
Mari bahas satu persatu. Ingat, Saya tekankan lagi. Di sini saya hanya membahas soal tulisannya komunitas ini. Bukan tingkah laku, gaya berpakaian, cara foto, yang jujur saja tidak merugikan saya... Hehehehe
Positifnya:
Buatku, hebaaaat banget anak-anak ini. 
Bayangin, aku yang sudah duluan lebih lahir (hoo, apa hubungannya :D) tidak bisa sekreatif itu.

Kenapa aku bilang kreatif? Karena mereka bisa buat tulisan baru (eits, jangan protes..ini opini saya *biggrin*)
Tidak mudah membuat bahasa baru, yang jujur aja susahnya minta ampun untuk dibaca dan dimengerti.

Satu lagi, kita ga bisa mengingkarinya, komunitas alay dengan cepat berkembang di Indonesia ini :)
Ini menunjukkan pengaruh mereka tidak bisa dipandang sebelah mata.

Sebagai PR (cieeciee), aku pengen tahu bagaimana sebuah komunitas yang tidak dikendalikan oleh pihak tertentu dapat dengan mudah menjangkiti anak-anak muda.

Ini bisa jadi masukan yang bagus untuk mempelajari menciptakan komunitas yang hebat dan berpengaruh dalam pembentukan sebuah image (apa seh ngemeng gw ini!! -,-!)



Nah, bagaimana dengan negatifnya?
Membuat orang yang bukan tergabung dalam komunitasnya, seketika jadi buta huruf dan bisa buat salah pengertian. 
Seperti yang guru-guru SD,SMP dan SMU kita ajarkan (kalo pembaca adalah mahasiswa fisip, khususnya komunikasi, saya akan tambahkan seperti yang dikatakan dosen kita ^^v), sebuah kalimat dapat sampai dengan pengertian yang berbeda-beda pada tiap individu/penerima pesan.

Nah, tugas kitalah menjadikan kalimat itu menjadi kalimat yang sesederhana mungkin, yang dapat dipahami dengan sekali baca, agar pesan yang ingin disampaikan dapat dengan mudah diterima oleh si penerima, blablablabla (Maap, terkontaminasi teori dan konsep komunikasi..xixixi).

Dengan adanya tulisan alay yang menggunakan huruf gede kecil, itu sudah menyalahi tatanan bahasa indonesia.

Meminjam kalimat seorang teman, "memperkosa bahasa indonesia" telah komunitas ini lakukan saat mereka mengganti kata "kamu" menjadi "xmu" atau "kamudz" atau "amuuuhz", etc.

Apakah ini salah? Jelas ini menyalahi aturan yang ada.
Karena komunikasi verbal menuntut kita menyampaikan pesan dengan menggunakan kata-kata yang sudah disahkan oleh masyarakat dan lazim digunakan.

Namun kalau kita mengatakan, apakah komunitas alay ini salah? Kita tidak bisa men-judge-nya begitu.
Kenapa? karena itu adalah bahasa sehari-hari yang mereka gunakan dan hak mereka menciptakan simbol-simbol, selama itu tidak mengotori UU dan Ideologi Negara kita (Napa bahasa gw sok berat gini yeee...xixi).

Yang kemudian menjadi persoalan adalah komunitas ini menggunakan bahasa -katakanlah bahasa gaul mereka- pada orang-orang diluar komunitas. Sehingga membuat saya, dan sebagian orang, merasa bingung setengah mati saat mengartikan tulisan mereka.
Ini menunjukkan bahwa kalimat yang ditulis oleh komunitas alay tidak dapat dipukul rata pada setiap orang.

Sampailah kita pada ciri khas blog ini. Ada masalah, ada penerawangan, ada kritik, lalu kemudian sampai pada saran, dan nantinya akan ditutup pada kesimpulan dan kata bjaksana saya. xixixi.

Sarannya :

Jadi, saya sarankan pada komunitas ini, kalau mereka mau menulis, coba liat siapa penerimanya.
Kalau si penerima pesan adalah sesama komunitas, mereka bisa berkreasi dengan sesukanya.
Nah kalau  si objek penerima pesan adalah orang-orang seperti saya (yang sudah kelewatan umur untuk menulis begituan dan ga mau ribet) cobalah untuk menulis biasa saja.
Agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik dan tidak terjadi kesalahpahaman.

Ingat sebuah kesalahpahaman bisa menyebabkan perpecahan. Hohohoho..

Kalau misalnya cara penulisan sudah mendarahdaging gemana dunk?
Hmm, baiklah tulis dengan menggunakan tulisan dasar komunitas ini.

Jangan yang ribet-ribet atau bahasa kerennya ilmu tingkat tinggi, seperti kata "kamu" yang sudah dimodifikasi jadi "muhz"... Untuk saya, kata itu sudah masuk dalam kata senior di komunitas ini.
Pergunakan aja kata "kamu" itu jadi "Kamudz". Ini digunakan oleh komunitas alay yang masih belajar kayaknya *biggrin*

Kesimpulan

Sampailah kita pada kesimpulan dari tulisan ini. blablablabla *kayak diskripsi2 itu noh..xixii*

Mari kita menghormati komunitas yang sedang berkembang menuju masa dewasa ini dan baiklah komunitas ini menghargai kita yang sudah terlalu tua untuk menganalisis kata perkata tulisan alay.
Sehingga tidak ada kesalahpahaman dikemudian hari dan tidak ada lagi saling hina :)

Kata bijak dari kakak astrid meliza.. Hohoho gw suka bagian ini..xixixi

Teman-teman tersayang, belajarlah melihat dan menilai sesuatu dari sisi positif dan negatifnya, maka kamu akan mendapatkan perspektif yang berbeda dan seimbang....
Try this at your home *biggrin*


Bintaro, 12 dan 13 Oktober 2010
Diselesaikan pada pukul 17.05pm

Astrid Meliza

2 komentar:

  1. Ini versi alay dari beberapa paragraph awal diatas :)

    boS4n.... q4tt4 e4ng p4lEeng mMEnjengQeLq4ntdth ceben4rnY4.. mmenUNjuqq4ntdth b4hhW4 CeSeor4ng tTEEDd4q puNy4hCh qegEe4tt4ntdtH e4Ng mmen4reeQ hh4TteE :( s4qwEeNg g4 mmen4rEeqny4, 4qU 4J4 BeengUng mm4u NuLeES 4P4 Ddeeblogqu eenee ^O^ beber4p4 ttemm4ntDtH qu cmms, mMeny4tt4q4Ntdth Qebos4n4Nqu. 4slEe chhumm4ntDth C4ttU e4nG mmemmb4l4S, EeTtUpUntDth dDeng4ntdTh q4leEmm4Tt: \"4qu B4nY4q qerj44Ntdth neechhhh. mm4u b4ntTu?!\" pueeeeEeEeeeEeeeEeeeeEeeEEeeeeeeeeeeEeeEchhhh..... \"qEmm4n444 ttemm4n-ttEmm4ntdTh c4y444\" tTeree4qqu leeReechhhh..xeexEexee... hhmmmmmm,bEber4p4 Hh4ree l4gEe, bees4 j4ddeE 4Q4ntdth MmEnJ4ddEe PerUB4hh4ntdth Dd4l4MMb hHeeDduPqu ddeemm4n4 mMungqwEentdth 4qu 4Q4nTDtH mmenG4tt4Q4NTdtH :\"dDuchhhh, Ee needd mmuchhhCh tteemMe nehh...\" 4tt4u bertteree4Q dd4l4mmb Hh4ttee : \"TTuchhhH4nTDth c4y444ng, q4P44nTdth 4qu EEstteer4hh4tt..seEbUqnyOOo 4quuu..ohch mmydd4y...\" XeexeexeE... (q4lee4ntDth g4 peRlu chhemm4s, ttuWhh4nTdtH cudd4hch bee4S4 mmEN4ng4nee 4Qu E4ng b4ny4q mm4UNy4HCh EeNee..hhoHhohho...) oq4y, 4P4 e4nG qweett4 beeChh4r4q4nTdTh Hh4ree eenee? Hhmmmm, BerChheReett4 c4MMbeEL mmeenumMb chh4ppucHhEeno q4y4qny4hch 4seeeeEeQ nehh..nyummmmy.. 4dd4 e4Ng mM4U ttr4QtTeEr? xeEXeexee q4y4qnY4hcH beBER4p4 hh4ree eenee 4qu mmenulees Cesu4tTU e4nG g4 bees4 j4ddee pEl4j4r4ntdth 4tt4U p4Leeng g4 e4ng bees4 bermM4NpHh44TDth unTtuQ PemMb4chH4 e4q?! HhmmmmmmmM, Oq4eeeemm4reE qweett4 l4quq4ntdth p4dd4 ttulees4ntdth Eenee... 4p4 e444 *ott4q Beqerj4* 4Hch hH444, mm4ree qweETT4 mmemmB4hh4s CO4l qommuneEtt4S \"4l4y\" mMeng4p4 4qu mmeng4tt4q4Ntdth qommuneett4s? q4ren4 gEmM4n4puntdth cudD4hcH tTerBenttuq cu4tTU qeLommpoQ ddeEdD4L4mmny4hch e4ng mmeng4nUtdth phh4ls4phH4hch qE-4L4y-4NtDTh dd4Ntdth CeengQ4ttny4hCh cEEchhhch untTuq mmenghH4rg4ee mMereQ4 ^O^v OQ4y, B4rus4ntdtH 4qu ce4rCHhHch ddee mMb4hcH gugel ddeng4NTdth Qeywordds \"4rttee 4l4y\" mm4q4 mmunchhulL4hch cEqweett4r 124.000 hh4seel (DD4l4mmb w4Qttu 0.04 Ddetteeq). -B4y4ngq4ntdth q4l4U 4qu mmengetteeq qeYwoRdd : \"4l4y\"..ber4p4 jutt4 hh4seel e4ng 4q4NtdtH mmuNchhUl Dd4L4mMb cePErseqwee4ntdth ddetteeq..chhqchhQChhqCHhq..- wooow, Eettu bEr4rTtee q4tt4 \"4L4y\" eeNEe c4ng4tdth tterQeN4l... BeBer4p4 cudd4HcH mMenulees ddee blOgny4hch TtEnTT4ng 4l4Y.. 4dd4 e4ng neg4tteEphh, 4dd4 e4ng poseetteepHch (ddeeqweetdtH b4ngett..hhehhe)... l4lu, C44tdth c4y4 ben4R-Ben4r pengentdth tt4U 4Rttee 4l4eeeeeeTtU..s4mmp4eeL4hcH c4y4 p4dd4 cEbu4HCh leenq q4sqUs...

    BalasHapus